PENTING DAN WAJIB UNTUK DIBACA !!
Syarat dan Ketentuan Penyewaan Akomodasi (Room Apartemen)
I. Ketentuan Umum:
Syarat dan Ketentuan ini adalah perjanjian antara anda selaku pengguna (“Pemesan dan “Penyewa”) dengan pihak flexx.id pemilik situs penyedia akomodasi. Syarat dan Ketentuan ini mengatur mengenai (i) akses dan penggunaan oleh Penyewa atas situs www.flexx.id (ii) hak dan kewajiban Penyewa, flexx.id, dan Pemilik Apartemen atau Pengelola (“Pemilik Unit”) atas Sewa Menyewa Apartemen atau Rumah melalui situs, (iii) konten dan layanan yang disediakan oleh flexx.id.
Berikut definisi dari Pemesan dan Penyewa yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan ini
A. “Pemesan”, merupakan pengguna situs flexx.id maupun melalui chat support cusromer service yang melakukan pemesanan untuk atas nama dirinya sendiri atau orang lain yang ingin melakukan penginapan pada Unit yang disediakan oleh flexx.id; dan
B. “Penyewa”, merupakan pihak yang menginap di Unit yang disediakan oleh flexx.id yang telah dipesan oleh Pemesan; Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Pemesan dan Penyewa juga menyetujui Perjanjian Sewa Menyewa yang kemudian disebut “Syarat dan Ketentuan”.
II. Penggunaan Situs dan Layanan
A. Akses dan penggunaan situs tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini.
B. Dengan menggunakan Situs ini Pemesan dan Penyewa wajib menyatakan dan menjamin bahwa Pemesan dan Penyewa berusia cukup menurut hukum untuk menggunakan Situs ini yaitu dapat melampirkan KTP atau identitas valid lainnya saat booking akomodasi. Jika Pemesan dan Penyewa belum berusia 18 (delapan belas) tahun, Pemesan dan Penyewa harus diwakili oleh orang tua atau wali yang sah.
C. Pemesan dan Penyewa memiliki kebebasan penuh untuk menggunakan atau mengakses situs, memilih unit room apartemen yang akan disewa, memilih cara pembayaran yang sesuai yang telah disediakan oleh flexx.id.
D. flexx.id hanya memfasilitasi Penyewa dan Pengelola ataupun pemilik Unit apartemen. Unit Apartemen atau rumah yang disewakan bukanlah milik dari situs www.flexx.id Dalam menempati Unit Apartemen Penyewa tunduk pada peraturan Pengelola Gedung, Building Management (BM) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pelanggaran atas peraturan Pengelola, BM dan perundang-undangan yang berlaku dapat mengakibatkan dapat diambilnya langkah hukum oleh BM maupun Pengelola Unit.
E. Deskripsi Unit yang dipasang di Situs dapat mengandung perbedaan dan ketidaktepatan secara teknis. flexx.id bertanggung jawab atas perbedaan deskripsi utama di dalam Unit namun tidak bertanggung jawab atas perbedaan deskripsi di luar Unit, termasuk namun tidak terbatas seperti gambar fasilitas umum dan jarak Lokasi dengan lokasi lainnya.
F. Harga dan spesifikasi Unit yang diiklankan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. flexx.id dapat sewaktu-waktu menggunakan haknya untuk membuat perubahan, koreksi dan perbaikan pada Situs, dan pada produk dan program yang diuraikan dalam informasi tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
III. Akun Pemesan
A. Situs www.flexx.id akan mengarahkan ke whatsaap official sebagai akun tiap pemesan
B. Akun Pemesan dapat digunakan oleh Pemesan sendiri atau memesan akomodasi untuk penyewa lain dengan memasukkan data formulir yang valid sebagai Penyewa dan kemudian tidak dapat dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun.
C. flexx.id berhak menolak pemesanan dan/atau pembayaran termasuk metode pembayaran yang Pemesan dan Penyewa pilih apabila ditemukan bukti yang cukup bahwa pemesanan tersebut adalah tidak benar dan/atau ada unsur tindak pidana di dalamnya.
D. Keamanan Akun, termasuk nama terdaftar, alamat surat elektronik yang didaftarkan, nomor telepon genggam yang terdaftar, rincian pembayaran, metode pembayaran yang Pemesan dan Penyewa pilih sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Pemesan dan Penyewa. Semua kerugian dan resiko yang ada akibat kelalaian Pemesan dan Penyewa menjaga keamanan dan kerahasiaan adalah tanggung jawab Pemesan dan Penyewa sendiri.
E. Berdasarkan hal tersebut, flexx.id menganggap bahwa setiap penggunaan atau pemesanan yang dilakukan melalui Akun Pemesan adalah pemesanan dari Pemesan dan Penyewa sendiri.
F. Pemesan melakukan pemesanan untuk nama orang lain dari Akun Pemesan melalui fitur Situs dari flexx.id, namun Pemesan tetap bertanggung jawab untuk semua penggunaan dan pemesanan melalui Situs ini. Pemesan dianggap telah mendapatkan otorisasi dari Penyewa yang namanya tertera untuk memberikan persetujuan atas Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Perjanjian Sewa. Pemesan juga bertanggung jawab untuk memastikan nama Penyewa yang tertera untuk mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.
G. Pemesan dan Penyewa tidak dapat mengalihkan, menyerahkan, melakukan sub-kontrak atau mendelegasikan hak, tugas dan kewajiban Pemesan dan Penyewa berdasarkan Syarat-Syarat dan Ketentuan ini selain untuk nama yang tertera pada Akun Pemesan .
IV. Peraturan Properti Secara Umum
Objek utama dari penyewaan Unit dan properti adalah Unit tersebut dengan tujuan utama adalah sebagai tempat tinggal. Segala yang terdapat dalam Unit berupa furniture dan objek-objek lainnya adalah objek penunjang.
A. KewajibanUmum
Penyewa wajib memastikan bahwa sebagai Penyewa, akan: (1) menjaga Akomodasi Penyewa dalam keadaan bersih dan kondisi baik setiap saat, termasuk kamar tidur, kamar mandi dan/atau area dapur; (2) menyimpan barang pribadi Penyewa di tempat yang aman; dan (3) mematuhi Peraturan ini dan setiap peraturan yang berlaku di Akomodasi Penyewa, sebagaimana dapat diubah oleh flexx.id dari waktu ke waktu. (4) Penyewa bertanggung jawab atas keselamatan Penyewa sendiri di dalam maupun di sekitar Akomodasi. Penyewa wajib senantiasa memperhatikan peraturan maupun petunjuk yang berlaku dari waktu ke waktu di Akomodasi. (5) Kewajiban dan tanggung jawab flexx.id terbatas hanya di dalam area Akomodasi, dan flexx.id tidak bertanggung jawab atas segala kerugian, beban, atau kerusakan barang yang terjadi akibat hal atau peristiwa apapun yang terjadi di luar area Akomodasi.
B. Pembatasan
Tindakan-tindakan berikut ini dilarang setiap saat di Akomodasi (“Tindakan yang Dilarang”):
1. merokok di Akomodasi, termasuk area luar Akomodasi dan di manapun dalam lingkungannya, kecuali area merokok ataupun akomodasi yang membolehkan untuk merokok.
2. menggunakan api atau sejenisnya, termasuk lilin, dupa, atau pembakar minyak aromaterapi atau pemanas atau kipas selain yang disediakan oleh pengelola;
3. membawa dan mengomsumsi minuman ber alkohol didalam akomodasi ataupun sekitarnya, kecuali aturan pihak Building management (BM) apartemen membolehkan;
4. Melakukan renovasi, perubahan, atau sejenisnya kepada Unit dan/atau barang-barang di dalam Unit tanpa seizin tertulis dari flexx.id;
5. menimbulkan gangguan, keributan dan melakukan kekerasan dalam bentuk apapun. Tidak diperkenankan melebihi kapasitas (over capacity) penghuni yang diperbolehkan.
6. menggunakan narkoba atau obat terlarang jenis apapun menurut hukum Republik Indonesia;
7. kegiatan prostitusi dan jasa penghibur dalam bentuk apapun;
8. atau menyimpan senjata api, amunisi, bubuk mesiu, bensin atau zat dan bahan peledak,
berbahaya dan/atau mudah terbakar apapun;
9. menyebabkan kebakaran atau tindakan lain yang dapat menyebabkan kerusakan sebagian atau seluruhnya Akomodasi atau musnahnya Akomodasi; dan
10. Membuang sampah sembarangan dan meninggalkan/menyimpan barang di koridor apartemen.
11. Semua tindakan yang melanggar hukum dan peraturan setempat.
Apabila Penyewa dan/atau pengunjung Penyewa terbukti melakukan salah satu dari Tindakan yang Dilarang tersebut di atas, Penyewa wajib turut menanggung biaya perbaikan untuk kerusakan yang ditimbulkan, dan akhirnya, flexx.id berhak menegur sampai memaksa Tamu dan Pengunjung untuk mengosongkan Akomodasi tanpa pengembalian dana. Dengan demikian, flexx.id akan mengakhiri kontrak dan perjanjian dengan Penyewa, dan Penyewa akan tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikan pembayaran untuk masa tinggal yang telah dipesan dan menyerahkan Uang Jaminan bila ada.
V. Tanggung Jawab Penyewa
A. Jangka Waktu Sewa:
1) Jangka Waktu Sewa adalah sebagaimana yang dipilih oleh Penyewa saat melakukan pemesanan. Waktu check-in dimulai pada pukul 14.00 sampai dengan pukul 24.00 dan Waktu check-out maximal pukul 12.oo, bila masa sewa hanya semalam saja.
Dan Penyewa dapat mengajukan jam check-in hanya pada jam check-in. Apabila Penyewa berhalangan untuk melakukan check in pada hari yang ditentukan di Detail Booking, maka Penyewa dapat menjadwalkan ulang waktu
check-in di hari berikutnya dan waktu menginap tetap akan dihitung dimulai dari tanggal check in yang telah ditentukan di awal yang tertera pada Situs atau konfirmasi pemesanan atau Detail Booking. (ini berlaku hanya bagi penyewa yang menyewa lebih dari 1 malam).
2) Perihal berakhirnya Jangka Waktu Sewa, flexx.id dan Penyewa menyatakan bahwa Jangka Waktu Sewa berakhir pada jam check out di tanggal yang ditentukan saat pemesanan dan tidak diperlukan pemberitahuan tertulis lagi oleh salah satu pihak terkait pengakhiran tersebut. Apabila Penyewa memperpanjang Jangka Waktu Sewa, maka pembayaran seluruh Biaya (Harga Sewa, Uang Jaminan Unit, Uang Jaminan Sewa) harus
melalui situs flexx.id atau via whatsapp support official sebelum waktu check-out.
3) Perihal perpanjangan Jangka Waktu Sewa, flexx.id, Pemesan dan Penyewa menyatakan setuju dan sepakat bahwa: (a) flexx.id tidak memiliki kewajiban untuk menjamin atau memberikan jaminan dalam bentuk apapun terkait ketersediaan (availability) unit yang dihuni oleh Penyewa diluar Jangka Waktu Sewa; (b) Selama Pemesan dan/atau Penyewa tidak melakukan pelunasan pembayaran atas pemesanan, perpanjangan Jangka Waktu Sewa, maka flexx.id berhak dan tidak dapat dituntut ganti rugi dalam bentuk dan jumlah berapapun, untuk menerima pemesanan dan pembayaran Harga Sewa diluar Jangka Waktu Sewa atas unit yang sedang dihuni oleh Penyewa. Pemesan dan/atau Penyewa dengan ini menyatakan membebaskan dan melindungi flexx.id dari segala bentuk kerugian dalam jumlah berapapun dan/atau permasalahan, gugatan, tuntutan hukum yang mungkin timbul akibat kelalaian Pemesan dan/atau Penyewa yang belum melakukan pembayaran atas pemesanan perpanjangan Jangka Waktu Sewa atas unit yang sedang dihuni Penyewa.
(c) Pemesan dan/atau Penyewa menyatakan setuju dan sepakat bahwa flexx.id akan memberlakukan system first come – first serve terkait pemesanan unit dalam Situs. Definisi first come – first serve dalam Syarat dan Ketentuan ini yaitu siapapun pihak yang lebih dahulu melakukan konfirmasi pemesanan unit dan melunasi pembayaran atas pemesanan unit tersebut adalah pihak yang sah dan berhak untuk menghuni unit yang telah dipesan dan dilunasi pembayarannya.
4) Penyewa diwajibkan mengosongkan unit sebelum pukul 12.00 waktu setempat pada tanggal check-out dan Penyewa juga diwajibkan untuk mengembalikan kunci dan akses kepada flexx.id di tempat yang telah disetujui, atau dalam hal melakukan check-out secara mandiri, mengirimkan foto dan konfirmasi peletakan kunci dan akses paling lambat pukul 12.00 waktu setempat. Dalam hal flexx.id tidak dapat menemukan kunci dan akses dan tidak menerima konfirmasi dari Penyewa, maka flexx.id dapat melakukan proses penggantian/pembuatan kunci dan akses yang baru secara langsung dan segala beban biaya yang timbul atas penggantian/pembuatan kunci dan akses yang baru akan ditanggung oleh Penyewa. Selain itu, biaya relokasi tamu selanjutnya dan kerugian pendapatan sewa karena penutupan unit akan ditanggung oleh Penyewa berdasarkan ketentuan yang berlaku dalam Perjanjian ini.
5) Penyewa setuju bahwa dalam hal Penyewa tidak melakukan check-out pada tanggal dan waktu yang ditentukan maka: (a) Penyewa akan dikenakan denda sebesar Rp. 70.000 (Tujuh puluh ribu Rupiah) perjam nya untuk studio/1 br, dan Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) perjam nya untuk type 2 br, serta Rp. 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) perjam nya untuk tipe 3BR. (b) Penyewa memberikan hak dan persetujuan kepada flexx.id untuk melakukan pengosongan unit dan apabila tidak adanya Deposit oleh penyewa, maka pihak flexx.id ataupun Partner dari flexx.id berhak menahan barang dari penyewa hingga Penyewa melunasi kewajiban atas charge dan denda diatas. Penyewa dengan ini menyatakan tidak akan menggugat flexx.id di kemudian hari atas kerugian yang mungkin timbul terkait tindakan flexx.id melakukan pengosongan dan pengeluaran barang dan ataupun penahanan sebagian ataupun seluruh barang yang ditinggalkan oleh Penyewa di dalam unit. (c) Harga Sewa diluar masa sewa akibat melebihi tanggal check out secara pro rata akan dibebankan kepada Penyewa dan jika Uang Jaminan Sewa berdasarkan Syarat-syarat dan Ketentuan ini mencukupi maka flexx.id akan memotong melalui Uang Jaminan Sewa tersebut bila terdapat.
6) Jika Penyewa memperpanjang masa sewa melalui situs atau Whatsap support official maka Penyewa menyatakan diri tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini dan Perjanjian sewa awal.
7) Penyewa dilarang menyewakan kembali unit kepada Pihak Ketiga tanpa persetujuan tertulis dari flexx.id. Pelanggaran atas ketentuan ini memberikan hak kepada flexx.id untuk mengakhiri masa sewa, mengeluarkan penyewa dan/atau pihak ketiga dari unit. Segala biaya yang telah dibayarkan akan dinyatakan hangus dan tidak ada penggantian apapun.
B. Harga Sewa, Uang Jaminan dan Tata Cara Pembayaran
1. Biaya Sewa adalah biaya dasar penyewaan unit per periode yang dipilih dan yang tertera dalam Situs.
2. Uang Jaminan Unit adalah sejumlah uang yang wajib disetorkan Penyewa kepada flexx.id sebagai jaminan apabila ada kerusakan untuk perbaikan atas kerusakan dan/atau kehilangan yang mungkin timbul pada Unit dan/atau perabotan di dalamnya selama masa sewa dan/atau pembayaran tertunggak lainnya terkait sewa (“Uang Jaminan Unit”), dan jika tidak terjadi apa-apa maka akan dikembalikan.
3. Apabila unit yang disewakan tersedia dan dapat digunakan sesuai dengan fungsinya, maka Penyewa tidak dapat mengajukan pengembalian Harga Sewa (Refund). Apabila unit yang tersedia tidak dapat digunakan sesuai dengan fungsinya, maka berlaku ketentuan Pasal V Tanggung Jawab Penyewa, huruf E – Pemeliharaan Unit, Perbaikan Unit, Relokasi Unit dan Kebersihan Unit dalam Syarat dan Ketentuan ini.
4. Untuk Penyewa yang menyewa secara bulanan, air, Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL), biaya internet, biaya parkir yang mungkin timbul selama masa sewa menjadi beban dan tanggung jawab Penyewa, dengan ketentuan sebagai berikut: Untuk penyewa yang menyewa secara bulanan biaya tersebut akan diinformasikan oleh flexx.id dan dibayarkan kepada flexx.id melalui chat official.
5. Penyewa dengan ini setuju bahwa pembayaran Harga Sewa wajib dilakukan saat memesan akomodasi.
6. Pembayaran hanya dapat dilakukan dengan transfer bank ke rekening yang ditunjuk flexx.id, dengan ini menyetujui hal-hal sebagai berikut:
(a) Segala jenis pembayaran harus dilakukan melalui platform resmi flexx.id atau via chat official flexx.id. flexx.id tidak akan mengakui atau bertanggung jawab atas segala jenis pembayaran yang dilakukan di luar jalur yang telah ditentukan sebagaimana dalam pasal ini termasuk pembayaran langsung kepada staff flexx.id secara pribadi.
(b) Pembayaran melalui transfer bank hanya dapat dilakukan ke rekening INDO MASSE.
(c) Dalam hal penyewaan pada Unit tetap berlanjut dimana detail properti dan nama Penyewa sama dengan detail properti dan nama Penyewa pada pesanan sebelumnya dan jadwal check-in pada Unit tersebut bersambungan dengan jadwal check-out pesanan sebelumnya, namun nama Pemesan berbeda, maka flexx.id akan meminta Pemesan dan Penyewa untuk mengisi formulir terkait pemindahan.
(d) Pemesan dan/atau Penyewa dengan ini melepaskan haknya serta melindungi dan membebaskan flexx.id dari segala bentuk gugatan/tuntutan hukum baik saat ini maupun di kemudian hari terkait sistem pembayaran ini yang diakibatkan kelalaian dari pemesan ataupun penyewa.
7. Pemesan dan Penyewa dengan ini mengakui dan menjamin bahwa seluruh biaya-biaya yang mungkin timbul pada masa sewa akan menjadi tanggung jawab Pemesan dan Penyewa, serta Pemesan dan Penyewa menyatakan akan melunasi seluruh biaya-biaya tersebut segera dan seketika pada permintaan pertama dari flexx.id. Pengakhiran masa sewa secara sepihak oleh Pemesan dan Penyewa maupun flexx.id tidak menghilangkan kewajiban Penyewa atas biaya-biaya yang telah timbul selama masa sewa.
8. Dalam hal Pemesan dan/atau Penyewa lalai dalam membayarkan yang menjadi kewajiban Pemesan dan/atau Penyewa selama menginap di Unit dalam bentuk keterlambatan, gagal bayar, maka flex.id berhak untuk membuat laporan kepada pihak ketiga seperti instansi-instansi credit monitoring serta melakukan tuntutan hukum.
C. Hak Penyewa:
1. Penyewa berhak menikmati Unit sesuai peruntukannya sebagai tempat tinggal dan fasilitas bersama yang ada di apartemen tersebut dengan memperhatikan peraturan pengelola gedung dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2. Dalam menempati unit, Penyewa berhak menikmati unit selama masa sewa. Penyewa wajib bekerjasama dengan Pemilik Unit/Pengelola dan/atau flexx.id dalam hal harus dilakukan perbaikan atas unit atau perabotan di dalamnya.
3. Penyewa berhak atas fasilitas tambahan (add-on) yang dibeli oleh Penyewa selama jangka waktu tertentu. Dalam hal penyewa tidak menggunakan fasilitas tambahan tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka fasilitas tersebut dianggap hangus dan tidak ada pengembalian uang yang telah dibayarkan, kecuali karena kesalahan atau kelalaian flexx.id.
D. Kewajiban Penyewa:
1. Penyewa wajib menjaga Unit dan perabotan di dalamnya dalam kondisi sebaik-baiknya. Penyewa dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala kerusakan yang mungkin timbul selama masa sewa menjadi tanggung jawab Penyewa.
2. Penyewa dengan ini mengakui dan setuju bahwa dalam menempati Unit, Penyewa akan tunduk dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan oleh Pengelola Gedung dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Apabila Penyewa melakukan pelanggaran atas peraturan Pengelola Gedung dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, Penyewa dengan ini menyatakan dan menjamin akan bertanggung jawab atas seluruh kerugian yang mungkin timbul dan dengan ini melepaskan flexx.id dari gugatan pihak ketiga yang mungkin timbul sebagai akibat pelanggaran tersebut.
3. Penyewa dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa pelanggaran terhadap peraturan pengelola Gedung dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat berakibat Jangka Waktu Sewa diakhiri seketika dan Penyewa dikeluarkan dari Unit. Jika Penyewa dikeluarkan dari Unit karena pelanggaran terhadap Peraturan Pengelola Gedung, BM dan/atau Peraturan Perundang-undangan yang berlaku maka Penyewa dengan ini menyatakan tidak akan menuntut sisa sewa (apabila ada) termasuk Uang Jaminan Unit dan Uang Jaminan Sewa yang telah dibayarkan kepada flexx.id.
4. Penyewa wajib menyutujui Perjanjian Sewa sebelum membayar sewa unit atau selambat lambatnya saat melakukan check-in di Unit.
5. Lapor huni adalah menjadi kewajiban Penyewa dan harus dilakukan sesegera mungkin. Kebutuhan dari setiap building management akan berbeda-beda, sebagai standar prosedur.
6. Penyewa dilarang untuk melakukan perbuatan melawan hukum di area Unit dan membuang sampah di koridor Unit, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan-tindakan yang dapat membahayakan diri Penyewa, keluarga dan/atau tamu Penyewa, pihak lain yang berada di sekitar properti termasuk namun tidak terbatas pada tindakan-tindakan yang dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat sekitar. Pelanggaran atas ayat ini memberikan hak kepada flexx.id untuk menegur bahkan dapat mengakhiri perjanjian dan melakukan pengosongan unit.
7. Untuk pembayaran air, listrik, telepon, internet, IPL dan biaya berlangganan lainnya seperti parkir dan lain-lain yang berhubungan dengan pemakaian Unit akan menjadi tanggung jawab dan dibayarkan oleh Penyewa atau berdasarkan kesepakatan lanjutan yang akan di informasikan via chat official flexx.id.
8. Penyewa wajib berkoordinasi dengan Pemilik Unit dan memfasilitasi Pemilik Unit atau flexx.id dalam hal Pemilik Unit bermaksud menjual unit dan ada calon pembeli yang ingin melihat Unit.
9. Penyewa tidak diperbolehkan melakukan perubahan pada Unit tanpa persetujuan tertulis dari flexx.id dan perubahan tersebut harus dikembalikan ke keadaan semula saat Syarat dan Ketentuan ini berakhir kecuali telah disepakati sebaliknya.
E. Pemeliharaan Unit, Perbaikan Unit, Relokasi Unit dan Kebersihan Unit:
1. Dalam setiap unit yang disewa mungkin terdapat kekurangan-kekurangan, dan Penyewa dengan ini menyetujui dan memberikan hak kepada flexx.id untuk melakukan perbaikan atas kekurangan-kekurangan tersebut, serta Penyewa wajib bekerjasama dengan flex.id dalam perbaikan-perbaikan tersebut. Dalam hal Penyewa menolak memberikan hak kepada flexx.id untuk melakukan perbaikan maka Penyewa dengan ini menyatakan
mengesampingkan hak untuk perbaikan dan relokasi dan menyatakan tidak akan menggugat flexx.id di kemudian hari dan tidak akan mengajukan komplain baik secara elektronik, tertulis, maupun lisan atas hal tersebut.
2. Perbaikan-perbaikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), akan dilakukan pada hari kerja dan jam kerja dengan memperhatikan peraturan Pengelola Gedungataupun BM. Dalam hal perbaikan sebagaimana dimaksud diatas dapat dilakukan relokasi dengan ketentuan sebagai berikut:
(a) Untuk perbaikan yang membutuhkan waktu sampai dengan 24 (dua puluh empat) jam tidak akan dilakukan relokasi.
(b) Dalam hal Penyewa melakukan pemesanan dalam jangka waktu bulanan, maka untuk perbaikan yang membutuhkan waktu lebih dari 24 (dua puluh empat) jam, maka akan dilakukan:
(i) relokasi sementara ke unit lain di dalam Apartemen yang sama sampai dengan perbaikan selesai dilakukan; atau
(ii) dilakukan perubahan waktu check-in (check-in setelah perbaikan selesai). Dalam hal Penyewa memilih untuk melakukan perubahan waktu check-in maka tanggal check-out juga akan disesuaikan berdasarkan jangka waktu sewa.
3. Ketentuan khusus mengenai perbaikan:
(a) Untuk perbaikan mengenai hal estetika atau kerusakan yang tidak menyebabkan unit tidak layak dihuni, contoh: wallpaper, bau rokok atau bau tidak sedap dan rembesan air ada plafon, Penyewa menyatakan setuju bahwa tidak akan dilakukan relokasi.
(b) Mengenai kerusakan yang menyebabkan unit menjadi tidak layak dihuni dan/atau dapat mengganggu istirahat Penyewa seperti kerusakan pada system air conditioner (AC), ranjang, dan/atau adanya kebocoran, Pihak Kedua menyatakan setuju akan dilakukan relokasi sementara sampai selesai perbaikan.
(c) Barang-barang yang telah ada di dalam unit namun tidak sesuai dengan kebutuhan Penyewa, contoh gorden yang tidak sesuai, kulkas kurang besar, ruangan tidak/kurang kedap suara tidak termasuk dalam perbaikan.
(d) Kerusakan pada perabotan yang tidak mengganggu fungsi perabotan tersebut, contoh bekas rokok pada perabotan, hilangnya tutup freezer, bentuk atau warna yang memudar tidak termasuk dalam perbaikan.
(e) Keadaan Unit dan perabotan di dalamnya tidak selalu baru dan tidak terlepas dari wear and tear yang wajar. Penyawa wajib mengembalikan Unit sebagaimana Unit diterima. Wear and tear yang wajar yang tidak mengganggu fungsi perabot, Unit ataupun menyebabkan Unit tidak layak/tidak bisa ditinggali, dan hanya mengganggu estetika, hanya demi kepentingan dan selera Penyewa dapat diperbaiki sendiri oleh Penyewa dengan biaya oleh penyewa demi kepentingan Penyewa selama tidak merubah struktur, bentuk, warna, fungsi, merek. Contoh: goresan atau permukaan tembok yang tidak rata, goresan atau luka kecil pada permukaan furniture yang tidak mengganggu pemakaian furniture tersebut.
4. Ketentuan khusus terkait kehilangan dan/atau kerusakan yang terdapat di dalam dan/atau diluar Unit:
(a) Fasilitas yang disediakan pada Unit sesuai yang tertera pada lampiran email dan Penyewa bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerusakan terhadap Unit yang terjadi akibat dari kesengajaan atau ketidaksengajaan Penyewa, dan/atau tamu Penyewa.
(b) Kehilangan dan/atau kerusakan yang terjadi di area umum atau area bersama yang disebabkan oleh Penyewa, dan/atau tamu Penyewa menjadi beban dan tanggung jawab Penyewa.
(c) Kehilangan dan/atau kerusakan yang terjadi pada Unit maupun di area umum yang disebabkan oleh Penyewa wajib dibayarkan oleh Penyewa kepada flexx.id.
(5) Pemilik Unit bertanggung jawab dan akan menanggung segala biaya perbaikan yang berhubungan dengan kerusakan Unit yang bersifat struktural, kecuali kerusakan tersebut terjadi akibat kelalaian Penyewa.
(6) Penyewa bertanggung jawab dan akan menanggung segala biaya yang berhubungan dengan pemakaian, pemeliharaan dan perbaikan Unit, termasuk pada pekerjaan- pekerjaan berikut:
(a) Penggantian barang habis pakai atau rusak karena penggunaan, termasuk tapi tidak terbatas pada penyediaan atau pengisian ulang air galon, pengisian ulang gas dan komponen minor dispenser air, penggantian bohlam lampu / starter / ballast / rumah lampu, pembersihan saluran pembuangan air yang tersumbat, pembersihan filter penghisap asap dapur, penyekat karet dalam hal bocor ringan, perbaikan pintu kamar / lemari yang macet, segala hal lainnya seperti keran, seal, dll.
(b) Penyewa juga bertanggung jawab atas pemeliharaan / kebersihan atas gorden / vertical blind.
5. Para Pihak sepakat dan setuju perihal ketentuan larangan memindahkan setiap dan seluruh barang/perabotan milik Owner ataupun Pengelola yang ada di dalam Unit dengan rincian sebagai berikut:
(a) Selama berada di Unit (pada periode Jangka Waktu Perjanjian) dan/atau saat sudah check-out (berakhirnya Jangka Waktu Perjanjian), Penyewa dilarang melakukan tindakan-tindakan berikut terhadap sebagian atau seluruh barang/perabotan milik Owner atau Pengelola (atau yang dikuasakan kepada flexx.id) yang berada di dalam Unit, yaitu, termasuk tetapi tidak terbatas pada: (i) memindahkan, dan/atau (ii) membawa keluar, dan/atau (iii) tindakan-tindakan lain dengan maksud untuk memiliki secara melawan hukum.
(b) Apabila Penyewa melakukan tindakan sebagaimana disebutkan dalam Pasal ini dan barang/perabotan tersebut tidak dapat ditemukan di saat Check Out, maka: (i) flexx.id akan menyatakan bahwa barang/perabotan tersebut telah dinyatakan hilang dan akan secara langsung dibeli penggatina tanpa perlu konfirmasi
kepada Penyewa, dan memasukkan tagihan atas kehilangan barang/perabotan tersebut kepada Penyewa (ii) flexx.id dapat melakukan tagihan atas hilangnya potensi pendapatan unit dan/atau biaya relokasi/kompensasi yang harus diberikan kepada tamu selanjutnya sebagai akibat dari hilangnya barang/perabotan tersebut.
6. Semua peralatan yang ditambahkan dalam Unit tersebut oleh dan untuk kepentingan Penyewa adalah tetap merupakan milik Penyewa, dan harus diambil kembali oleh Penyewa, kecuali yang sudah tercantum dalam fasilitas Unit. Seluruh barang Penyewa harus dikeluarkan saat check-out dari unit, barang yang tertinggal akan
dibuang dan dapat menimbulkan tambahan biaya pembersihan yang akan ditanggung oleh Penyewa.
7. Jika diperlukan relokasi, flexx.id akan memberikan rekomendasi kepada Penyewa dan berlaku ketentuan sebagai berikut:
(a) Dalam hal Penyewa memilih unit relokasi dengan harga sewa lebih rendah dari unit awal, flexx.id akan mengembalikan selisih Harga Sewa yang telah dibayarkan.
(b) Dalam hal Penyewa memilih unit relokasi dengan harga sewa lebih tinggi dari unit awal, Penyewa setuju untuk membayar selisih Harga Sewa tersebut termasuk membayar selisih Uang Jaminan Unit dan Uang Jaminan Sewa bila ada.
8. Dalam hal terjadi relokasi, flexx.id dapat meminta Penyewa agar dapat menyetujui Perjanjian Sewa yang baru dan Perjanjian sewa yang lama dinyatakan berakhir dan tidak berlaku lagi sejak tanggal perjanjian sewa yang baru.
9. Apabila Penyewa sepakat dilakukan relokasi sementara, maka Penyewa wajib menempati unit relokasi sementara sesuai dengan jangka waktu dalam kesepakatan Para Pihak. Dalam hal Penyewa menempati unit relokasi sementara melewati batas waktu sebagaimana yang telah disepakati, maka flexx.id berhak untuk mengosongkan Unit Relokasi sementara tersebut;
10. Penyewa mengetahui dan menyetujui bahwa daya listrik Unit apartemen mempunyai batasan (limit). Penggunaan semua alat elektronik terutama dengan daya besar akan digunakan secara bergantian dan wajar.
11. Sampai dengan berakhirnya masa sewa, Penyewa berkewajiban untuk memelihara Unit tersebut dalam kondisi yang bersih dan baik sebagaimana kondisi semula dengan kondisi pemakaian yang wajar dan dapat diterima.
12. Apabila pada akhir masa sewa terdapat kerusakan pada perabotan yang diakibatkan oleh rokok maka biaya perbaikan yang mungkin timbul akan menjadi bebanPenyewa.
13. Penyewa wajib bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan Unit, serta mengembalikan kebersihan Unit seperti keadaan awal pada saat check-in, termasuk meletakkan sampah pada tempatnya baik di luar maupun di dalam Unit. Apabila flexx.id menemukan kondisi Unit dalam keadaan kotor termasuk namun tidak terbatas adanya sampah berserakan baik di luar maupun di dalam Unit dalam kondisi yang tidak wajar setelah Penyewa
check-out, maka Penyewa akan dikenakan denda sampai dengan sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah Rupiah) yang akan dipotong dari Uang Jaminan dari Penyewa dan/atau ditagihkan kepada Penyewa.
F. Fasilitas Unit:
1. Fasilitas yang tertera pada situs adalah sebagaimana terdapat dalam Unit yang disewa.
2. Fasilitas yang disediakan pada Unit sesuai yang tertera pada lampiran official chat dan Penyewa bertanggung jawab atas kehilangan dan kerusakan terhadap Unit yang terjadi akibat dari kesengajaan atau ketidaksengajaan Penyewa, dan/atau tamu Penyewa. Kehilangan dan kerusakan yang terjadi, baik di dalam Unit maupun di area umum atau area bersama yang disebabkan oleh Penyewa, dan/atau tamu Penyewa menjadi beban dan tanggung jawab Penyewa, termasuk tetapi tidak terbatas pada tagihan biaya pemakaian listrik, air, biaya perbaikan (jika ada), yang wajib dibayarkan kepada flexx.id segera dan seketika pada permintaan pertama dari flexx.id.
3. Penyewa harap memperhatikan besaran daya listrik dari unit yang disewa, setiap unit memiliki besaran daya listrik yang berbeda, penggunaan peralatan elektronik dengan daya besar harap digunakan bergantian dan secara wajar.
4. Penyewa yang melakukan pemesanan untuk kurang dari atau sama dengan 3 (tiga) malam wajib memeriksa seluruh kondisi unit dan perabotan di dalamnya saat melakukan check-in. Penyewa dengan ini setuju bahwa jangka waktu pengajuan komplain atas kerusakan pada unit atau perabotan di dalamnya adalah 1×24 jam sejak waktu check-in. Seluruh kerusakan yang mungkin timbul setelah terlewatinya jangka waktu tersebut akan
menjadi beban dan tanggung jawab Penyewa.
5. Penyewa yang melakukan pemesanan untuk lebih dari 3 (tiga) malam wajib memeriksa seluruh kondisi unit dan perabotan di dalamnya saat melakukan check-in. Penyewa wajib melaporkan melalui fitur via chat official flexx.id apabila terdapat kerusakan atau keluhan terhadap unit dan isinya selambat-lambatnya dalam waktu 2 x 24 jam setelah melakukan check-in di unit. Pelaporan tersebut harus dilengkapi dengan foto kerusakan untuk dapat diperbaiki dan/atau foto kondisi kurang bersih untuk dapat dibersihkan ulang oleh flexx.id atau patner. Apabila jangka waktu terlewati dan/atau tidak adanya foto bukti maka laporan dianggap telah melewati masa garansi dan Penyewa telah menerima unit dengan baik dan tanpa masalah.
6. Penyewa wajib menjaga unit dan seluruh perabotan di dalamnya dalam keadaan baik selama jangka waktu sewa dan menyerahkan kembali Unit pada akhir masa sewa dalam kondisi baik paling lambat pukul 12.00 waktu setempat.
7. Fasilitas umum (seperti kolam renang, lapangan olahraga, dan sebagainya) diatur oleh manajemen Gedung masing-masing properti. flexx.id tidak mempunyai kuasa dan tidak bertanggung jawab untuk membuka atau menutup fasilitas umum yang telah disediakan. flexx.id juga tidak bertanggung untuk memberi informasi atas ketersediaan fasilitas umum atas dasar kebijakan manajemen gedung yang dapat berubah-ubah.
8. Fasilitas internet gratis dari manajemen gedung juga merupakan kebijakan manajemen gedung dari masing-masing Unit. flexx.id tidak bertanggung jawab atas tersedia dan/atau lancarnya pemakaian internet gratis dari manajemen gedung.
VI. Hak dan Tanggung Jawab flexx.id
A. Hak flexx.id
1. flexx.id berhak menerima pembayaran Harga Sewa dari Penyewa.
2. Dalam hal ada kerusakan atau kekurangan pada Unit, flexx.id berhak untuk melakukan perbaikan yang harus dilakukan termasuk melakukan perbaikan atas perintah Pemilik Unit atau Pengelola.
3. flexx.id berhak untuk memasuki unit dan dapat didampingi Pemilik/pengelolah Unit apabila Penyewa diduga melakukan Perbuatan Melawan Hukum dan/atau pelanggaran Peraturan Pengelola Gedung.
4. Flexx.id bersama Pemilik/pengelolah Unit berhak, secara bersama-sama dengan Penyewa, untuk melakukan pemeriksaan atas Unit termasuk namun tidak terbatas pada pengambilan dokumentasi, melakukan perbaikan yang diminta oleh Pemilik Unit/pengelolah atau untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan Pengelola Gedung, pada waktu yang disepakati oleh Para Pihak dan dengan didampingi keamanan dari Pengelola Gedung.
5. flexx.id didampingi Pemilik/pengelolah Unit atau pihak keamanan atau perwakilan dari pengelola gedung tanpa memerlukan pemberitahuan dan/atau persetujuan dari Penyewa, berhak untuk memasuki Unit untuk bertindak sepanjang untuk keadaan yang menyangkut keselamatan, perbaikan darurat, dan/atau menindak lanjuti laporan dari pihak atau instansi terkait apabila ditemukan Penyewa tidak mematuhi peraturan yang diterapkan oleh Manajemen Gedung dan/atau pemerintah yang berlaku.
6. flexx.id berhak untuk memasuki Unit dan melakukan perbaikan pada unit atau perabotan di dalamnya jika perbaikan tersebut didasarkan pada pengaduan oleh Penyewa.
B. Tanggung Jawab flexx.id:
1. flexx.id akan melakukan perbaikan yang diminta oleh Penyewa atau Pemilik unit pada hari dan jam kerja dengan memperhatikan Kebijakan Pengelola Gedung.
2. flexx.id akan membantu Penyewa saat melakukan Check-in dan Check-out dari Unit.
3. Memfasilitasi komunikasi antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam proses penyewaan.
4. Menyalurkan pembayaran atas penyewaan ini ke pihak yang sesuai dan tepat.
VII. Pengosongan Unit
A. Penyewa wajib mengosongkan unit sebelum pukul 12.00 waktu setempat pada tanggal check-out. Keterlambatan pengosongan unit dan pemaksaan perpanjangan masa sewa secara tidak sah akan dikenakan denda sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta Rupiah). Dimana keterlambatan atau pemaksaan perpanjangan masa sewa yang mengakibatkan tamu lain yang telah lebih terdahulu melakukan pemesanan tidak dapat menempati unit, maka Penyewa akan dikenakan sanksi sebesar 30% (tiga puluh persen) dari nominal pemesanan tamu terdahulu. Untuk pemaksaan perpanjangan masa sewa secara tidak sah, maka Penyewa wajib melakukan pemesanan untuk jangka waktu yang lebih panjang dari tamu yang melakukan pemesanan terlebih dahulu. Segala tuntutan hukum oleh pihak yang merasa dirugikan atas perpanjangan masa sewa yang tidak sah tersebut akan menjadi tanggungan Penyewa dan membebaskan flexx.id dari segala bentuk tuntutan/gugatan hukum atas hal tersebut. Dimana setelah pembayaran denda dan sanksi dan Pihak Kedua tetap harus keluar dari Unit tersebut, maka flex.id akan mengembalikan denda dan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.
B. Jika Penyewa tidak melakukan check-out dan tidak mengembalikan unit dalam keadaan layak sewa lengkap beserta peralatan, kunci serta kartu akses pada waktu yang telah ditentukan dan telah ada pihak ketiga yang akan menyewa Unit apartemen tersebut sehingga harus dilakukan relokasi, seluruh biaya yang timbul terkait relokasi tersebut menjadi beban Penyewa yang tidak check out tepat waktu.
C. Apabila Penyewa tidak mengosongkan unit pada tanggal akhir Jangka Waktu sewa sebagaimana tercantum dalam perjanjian sewa, maka flexx.id akan melaksanakan pengosongan unit dan segala biaya yang mungkin timbul menjadi beban Penyewa. Flexx.id tidak bertanggung jawab atas kehilangan maupun kerusakan barang barang milik Penyewa yang diakibatkan oleh pengosongan tersebut.
D. Flexx.id berhak untuk mengakhiri perjanjian dan mengosongkan unit apabila Penyewa melakukan tindakan yang berlawanan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan peraturan dari Manajemen Gedung (Building Management), termasuk namun tidak terbatas apabila Penyewa tidak melakukan pembayaran baik pembayaran pembayaran tagihan-tagihan yang menjadi kewajiban Penyewa.
E. Para Pihak sepakat dan setuju apabila Penyewa tidak mengosongkan unit pada tanggal akhir masa sewa sebagaimana tercantum dalam voucher maka flexx.id akan melaksanakan pengosongan unit dan segala biaya dan Ketentuan terkait barang yang tertinggal diatur sebagai berikut:
(1) Jika terdapat barang tertinggal di Unit yang membutuhkan jasa pengiriman maka Penyewa bersedia dilakukan pengiriman dengan biaya yang dibebankan kepada Penyewa dengan menggunakan uang jaminan sewa (jika ada) atau melalui transfer bank ke INDO MASSE dengan memberikan detail kontak yang aktif dan dapat dihubungi.
(2) Jika pengambilan barang tertinggal secara langsung dan diwakilkan, maka pihak yang ditunjuk oleh Penyewa wajib menginformasikan kode booking dan/atau kode transaksi serta KTP Pemesanan untuk proses pengambilan barang tertinggal.
(3) flexx.id tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan dan kerusakan kepada barang tersebut, mohon sebelum meninggalkan kamar agar sekiranya semua barang-barang diperiksa agar tidak ada yg terlupakan.
VIII. Penggantian Kartu Akses Dan Kunci Silinder
A. Penyewa wajib untuk mengganti kartu akses dan/atau kunci silinder dan segala biaya/denda dan kompensasi yang timbul apabila:
(1) Penyewa menghilangkan kartu akses;
(2) Penyewa baik sengaja maupun tidak sengaja membawa kartu akses setelah check out;
(3) Terjadi pengosongan unit karena sudah melewati jangka waktu check out;
(4) Adanya masalah di dalam unit yang berhubungan kerusakan struktural gedung dan keselamatan penghuni gedung dan/atau berhubungan dengan pihak berwajib setempat yang disebabkan oleh kelalaian ataukesalahan Penyewa;
B. Penyewa sepakat bahwa jumlah biaya penggantian kartu akses dan/atau kunci silinder sebagaimana diatur ayat 1 di atas ditentukan oleh flexx.id dan berikut ketentuannya:
(1) Biaya Pergantian Acces card di Apartemen Vida View akan ditagihkan sejumlah Rp 350.000/Kartu yang Hilang.
(2) Biaya Pergantian Silinder pintu jika pintu menggunakan lock Manual akan ditagihkan sejumlah sejumlah Rp 200.000
IX. Pengakhiran Perjanjian Sewa
A. Flexx.id berhak mengakhiri perjanjian sewa dengan alasan:
(1) Penyewa gagal melakukan pembayaran Harga Sewa termasuk Uang Jaminan dan biaya-biaya yang mungkin timbul (listrik, air, internet, IPL) setelah ada 1 kali peringatan tertulis kepada Penyewa.
(2) Penyewa diduga melakukan kegaduhan, tindakan yang meresahkan warga sekitar, perbuatan melawan hukum dan/atau dikeluarkan dari Unit karena pelanggaran peraturan Manajemen Gedung atau Peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(3) Penyewa gagal melakukan verifikasi atau autentikasi informasi yang Penyewa sampaikan kepada flexx.id pada saat booking akomodasi room.
(4) Penyewa melakukan tindakan yang dapat menimbulkan tanggung jawab hukum bagi Penyewa itu sendiri atau kami.
(5) Penyewa dianggap bertanggung jawab atas telah melakukan tindakan yang, dan/atau telah membawa diri Penyewa sedemikian rupa sehingga bertentangan dengan hukum atau melakukan tindakan yang mengganggu ketertiban umum dan moral yang baik sehubungan dengan akomodasi.
(6) Penyewa terdeteksi dengan jelas menderita penyakit menular.
(7) Penyewa dicurigai terlibat dalam kegiatan/organisasi penipuan atau kriminal lainnya selama masa tinggal di akomodasi.
(8) Penyewa terbukti melakukan Perlakuan Tidak Pantas (abuse) terhadap staff flexx.id baik secara fisik maupun lisan.
(9) Penyewa gagal untuk membayar Uang Jaminan Unit sebelum waktu check-in. Tidak ada kewajiban bagi flex.id untuk mengembalikan uang sewa yang telah dibayar. Kami tidak menanggung tanggung jawab atas kerusakan dan kerugian atas perabot, perlengkapan atau property yang dimiliki atau disewakan oleh kami, dan kami berwenang untuk menggunakan Uang Jaminan atau membebankan biaya tambahan kepada Penyewa untuk perbaikan atau penggantian (sesuai kebijaksanaan kami) benda tersebut.
B. Kewajiban – kewajiban Penyewa bulanan yang belum terbayar untuk listrik, air, telepon, parkir, dll. selama masa sewa menjadi tanggungan Penyewa sampai Syarat dan Ketentuan ini berakhir atau diakhiri salah satu Pihak atau Para Pihak.
C. Penyewa dan flexx.id dengan ini sepakat mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-undang Hukum Perdata terkait Pengakhiran Perjanjian sepanjang diperlukannya Putusan Pengadilan untuk pengakhiran perjanjian.
X. Pengecualian Jaminan Penafian
Pemesan dan Penyewa setuju untuk menggunakan situs ini dengan risiko sendiri. Situs ini, dan informasi terkait, konten atau materi lainnya disediakan atas dasar “sebagaimana adanya” tanpa jaminan apapun sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku. Flexx.id dengan ini menyangkal, sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, seluruh jaminan, baik tersurat maupun tersirat, termasuk tetapi tidak terbatas kepada: jaminan atas kepemilikan atau jaminan tersirat atas kelayakan barang dagangan; kesesuaian untuk tujuan khusus; ketiadaan pelanggaran; dan jaminan yang timbul dari peraturan atau jaminan lain berdasarkan hukum atau dari perilaku bertransaksi sebelumnya atau praktik perdagangan; kecuali jaminan yang ditetapkan oleh dan jaminan yang tidak dapat dikenakan pengecualian, pembatasan, atau perubahan berdasarkan hukum yang berlaku atas syarat-syarat dan ketentuan ini.
XI. Pembatasan Tanggung Jawab
A. Dalam keadaan apapun, flexx.id, agen, perwakilan atau pemegang lisensinya tidak menanggung tanggung jawab kepada Pemesan dan Penyewa atau pihak lain atas setiap kerugian penghukuman, khusus, insidental, konsekuensial atau kerugian tidak langsung lainnya (termasuk, tetapi tidak terbatas kepada hilangnya keuntungan atau hilangnya tabungan) yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan:
a. penggunaan situs ini oleh Pemesan dan Penyewa
b. setiap kegagalan atau penundaan (termasuk, tetapi tidak terbatas kepada, penggunaan atau kegagalan menggunakan bagian apapun dalam situs ini untuk melakukan reservasi atau reservasi tiket); atau
c. pelaksanaan atau tidak dilaksanakannya produk atau jasa yang terkait dengan situs ini oleh travelio atau pihak ketiga lainnya; bahkan apabila pihak tersebut telah diberitahukan tentang kemungkinan terjadinya kerugian atas pihak tersebut. Pembatasan tanggung jawab ini berlaku hingga sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, terlepas apakah klaim tersebut dinyatakan berdasarkan kontrak, kelalaian, atau teori ganti rugi lainnya.
B. Dalam hal pertanggungjawaban flex.id dituntut atas kerugian yang terkait dengan situs ini, sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, ganti rugi satu-satunya dan eksklusif kepada Pemesan dan Penyewa terbatas pada penggantian biaya-biaya untuk jasa atau produk yang telah dibayar oleh Pemesan dan Penyewa.
C. Bersama ini Pemesan dan Penyewa mengenyampingkan setiap dan seluruh hak untuk mengajukan klaim atau tindakan hukum sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini setelah 3 (tiga) bulan setelah pertama kali terjadinya tindakan, peristiwa, kondisi atau kelalaian yang menjadi dasar klaim atau tindakan hukum tersebut.
XII. Penggunaan Pemasok Pihak Ketiga
A. Untuk tujuan penawaran jasa yang terkait dengan Situs ini, dan untuk memenuhi Reservasi atau pesanan yang ditempatkan Pemesan pada Situs ini, flexx.id berhak menggunakan pemasok pihak ketiga yang merupakan Skontraktor independen.
B. Flexx.id tidak bertanggung jawab atas:
(1) Tindakan, kesalahan, kelengahan, pernyataan, jaminan, pelanggaran atau kelalaian pemasok pihak ketiga tersebut atau cedera pribadi, kematian, kerusakan harta benda, atau kerusakan lain atau pengeluaran yang timbul akibat penggunaan pemasok tersebut;
(2) Penundaan, pembatalan, kelebihan reservasi (overbooking) atau sebab-sebab lain di luar kendali langsung flexx.id, dan flexx.id tidak bertanggung jawab atas pengeluaran tambahan yang timbul oleh karenanya.
XII. Kesalahan Komunikasi/Kegagalan Transaksi
A. Flexx.id tidak bertanggung jawab atas:
(1) Malfungsi, kegagalan, atau kesulitan komunikasi, transmisi, pesan atau entri yang hilang, dicuri atau salah tujuan, atau keamanan komunikasi tersebut;
(2) Informasi entri yang tidak benar atau tidak tepat, baik disebabkan oleh Pemesan (Para Pemesan) atau oleh peralatan atau program terkait dengan Situs, atau oleh kesalahan teknis atau kesalahan manusia yang mungkin terjadi dalam mengolah informasi terkait dengan Situs.
B. Flexx.id berhak membatalkan atau mengubah Reservasi apabila Pemesan dipandang terlibat dalam kegiatan penipuan atau kegiatan yang tidak patut atau dalam keadaan lain ketika Reservasi dipandang mengandung atau berasal dari kekeliruan atau kesalahan.
C. Flexx.id tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat Reservasi Properti yang diajukan atau dibuat oleh Pemesan dan Penyewa di Situs ini yang tidak diproses atau diterima karena alasan apapun.
XIII. Penolakan Akses
Berdasarkan kebijaksanaannya sendiri, di samping hak atau kompensasi lainnya yang merupakan hak flexx.id, dan tanpa kewajiban apapun kepada Pemesan dan Penyewa, flexx.id dapat sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan, mengakhiriatau membatasi akses Pemesan dan Penyewa ke Situs ini dan layanan lain yang terkait.
XIV. Ketentuan Lain-lain
A. Tanggung Jawab
Pemesan dan Penyewa wajib bertanggung jawab atas seluruh kerugian dan tuntutan hukum yang mungkin timbul akibat semua tindakan berupa ketidakpatuhan maupun keterlambatan yang disebabkan secara langsung oleh Pemesan dan Penyewa. Perjanjian Sewa dan Syarat dan Ketentuan ini telah dibuat berdasarkan pertimbangan yang matang untuk menyeimbangkan kepentingan Pemilik Unit, Pemesan dan Penyewa dan juga untuk Pemesan dan Penyewa berikutnya. Semua Pemesan dan Penyewa wajib bertindak dengan menjunjung nilai toleransi yang tinggi demi kepentingan bersama dan juga untuk menjaga nama baik flex.id.
B. Hukum yang mengatur
Syarat dan ketentuan ini tunduk dan diatur berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.
C. Hak Suara Pemilik Unit
Hak suara yang dimiliki Pemilik Unit dalam Rapat Perhimpunan Pemilik/Penghuni, akan tetap menjadi hak Pemilik Unit. Para Pihak memahami dan menyetujui bahwa Penyewa tidak mempunyai hak mengenai hal tersebut dan Penyewa tidak akan melakukan perbuatan apapun yang dapat mencegah Pemilik Unit dalam menggunakan hak suaranya tersebut.
D. Darurat
Dalam keadaan darurat ataupun terjadinya gangguan yang dapat menyebabkan bahaya kepada seseorang maupun Akomodasi atau di mana suatu tindakan diperlukan, flexx.id berhak, namun tidak wajib untuk, mengambil suatu tindakan yang dianggap wajar dan tepat dalam keadaan tersebut.
E. Perubahan
flexx.id berhak sewaktu-waktu mengubah Syarat dan Ketentuan Ini dan penggunaan Situs ini lebih lanjut oleh Pemesan dan Penyewa tunduk kepada syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat Pemesan dan Penyewa menggunakan Situs ini. Dengan demikian, Pemesan dan Penyewa setuju untuk meninjau Syarat dan Ketentuan ini secara periodik, dan dengan tetap mengakses, menggunakan atau melakukan pengiriman di Situs ini, Pemesan dan Penyewa dianggap menerima Syarat dan Ketentuan yang telah diubah.
F. Ganti Rugi
Pemesan dan Penyewa setuju untuk mengganti kerugian dan membebaskan flexx.id dan afiliasi,
pejabat, direktur, agen dan karyawannya dari setiap klaim atau permintaan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang diajukan oleh pihak ketiga dengan alasan atau akibat pelanggaran Pemesan dan Penyewa atas Syarat dan Ketentuan ini atau dokumen yang dicakup di dalamnya melalui penyebutan, atau pelanggaran hukum atau hak pihak ketiga yang dilakukan oleh Pemesan dan Penyewa. Kegagalan flexx.id untuk mengambil tindakan atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pemesan dan Penyewa atau pihak lainnya bukan merupakan penyampingan haknya untuk mengambil tindakan atas pelanggaran selanjutnya atau pelanggaran serupa.
G. Keadaan Kahar
flexx.id dibebaskan dari tanggung jawab untuk melaksanakan kewajibannya, apabila kegagalan melaksanakan kewajibannya tersebut disebabkan oleh peristiwa yang berada di luar kehendak, kuasa dan kendali flexx.id termasuk tetapi tidak terbatas pada: kerusuhan, perang, pemberontakan, bencana alam, epidemi, perubahan peraturan perundang-undangan, dan sebab-sebab lain yang berada di luar kendali flexx.id.
H. Pasal 1266
Para Pihak dengan ini setuju untuk secara tegas menyampingkan ketentuan-ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang berlaku di Republik Indonesia, sejauh bahwa para Pihak setuju untuk tidak memohon persetujuan pengadilan atau mewajibkan Pihak lain untuk memohon persetujuan pengadilan untuk memberlakukan pengakhiran perjanjian ini.
I. Perjanjian Lengkap
Syarat dan Ketentuan ini, bersama-sama dengan syarat-syarat dan ketentuan yang termasuk di dalamnya atau dicakup melalui penyebutan di dalamnya (termasuk, tanpa pembatasan, Pernyataan Privasi) merupakan perjanjian lengkap antara para pihak sehubungan dengan pokok pembahasannya.
J. Mata Uang
Pemesan dan Penyewa setuju bahwa flexx.id hanya menerima pembayaran dalam mata uang negara Republik Indonesia berupa mata uang Rupiah (Rp) dan seluruh tarif penawaran Pemesan dan Penyewa yang dikonfirmasi dalam mata uang selain Rupiah (Rp) dapat dikonversi ke dalam Rupiah (Rp) berdasarkan nilai tukar yang berlaku, yang dapat berubah sesuai fluktuasi nilai tukar. Pembebanan kartu kredit dapat dikenakan konversi mata uang tambahan oleh bank atau perusahaan kartu kredit, yang berada di luar kendali flexx.id dan dapat mempengaruhi
jumlah yang dibebankan pada kartu kredit Pemesan dan Penyewa. Harga yang dinyatakan dalam mata uang selain Rupiah (Rp) di Situs dan situs web tautan lainnya semata-mata merupakan indikasi.
K. Pencemaran nama Baik
Setiap Pihak mengakui pentingnya reputasi baik dan setuju untuk tidak melakukan tindakan atau membuat pernyataan, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang dapat dianggap sebagai pencemaran nama baik terhadap Pihak lainnya, afiliasi, pejabat, direktur, karyawan, atau agennya melalui media sosial atau media manapun yang melanggar Pasal 45 ayat 3 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.
L. Perselisihan
Pemesan, Penyewa dan flexx.id sepakat untuk mengadakan penyelesaian secara musyawarah apabila timbul perselisihan dari Syarat dan Ketentuan ini. Apabila setelah lebih dari 30 hari kerja sejak timbul perselisihan masih belum tercapai kata mufakat, maka Pemesan, Penyewa dan flexx.id sepakat menyelesaikan perselisihan tersebut di Pengadilan.
M. Tanpa Pengalihan
Kami mengadakan perjanjian ini dengan Penyewa secara pribadi. Penyewa tidak berhak mengalihkan atau memindahkan hak dan kewajiban Pemesan dan Penyewa berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tanpa persetujuan kami.
XV. Compliment, Feedback & Issues:
Semua keluhan mohon disampaikan kepada tim Customer Service (“CS”) flexx.id melalui chat di nomor WhatsApp 0811277288.